20 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Hidupmu dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan buruk memang wajar untuk dimiliki, tapi hal itu tidak bisa menjadi alasanmu untuk berpura-pura tidak perduli dan membiarkan dirimu terus melakukannya. Beberapa kebiasaan buruk dapat berdampak cukup fatal bagi kesehatan dan masa depanmu.

Berikut adalah 20 contoh kebiasaan buruk yang dapat merusak hidupmu dan harus kamu hentikan mulai hari ini juga:

1. Kurang minum

Sebuah data dari Garmin Indonesia menemukan bahwa 80% orang kurang minum setiap harinya. Padahal 70% dari tubuh kita merupakan cairan, yang membuat air menjadi zat yang sangat esensial bagi kesehatan kita. Kekurangan minum setiap harinya sangat berbahaya  bagi kesehatanmu karena dapat menyebabkan penurunan fokus, tekanan darah rendah, gangguan saluran penceranan, sampai meningkatkan risiko stroke.

Untuk itu, cobalah untuk minum minimal 2 liter setiap harinya. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic menganjurkan untuk minum sebanyak 3,7 liter per hari bagi pria, dan 2,5 liter per hari bagi wanita.

2. Kurang olahraga

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tahun 2018, 33.5% masyarakat di Indonesia dinyatakan kurang olahraga. Hal ini sebetulnya sangat berbahaya karena kurang olahraga merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan dapat membuat tubuh kita lebih cepat menua. Selain itu dapat memicu banyak penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menyisihkan waktu, minimal 15 sampai 30 menit per hari untuk berolahraga. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan turun satu stasiun lebih jauh dari kantormu, atau parkir di tempat yang cukup jauh dari kantormu, lalu berjalan setiap hari ke kantor.

3. Kurang tidur

Tidur juga merupakan hal yang esensial bagi hidup kita. Bukan hanya tidur, tapi tidur yang cukup dan berkualitas. Saat tidur banyak hal yang terjadi di dalam tubuh kita. Selain mengistirahatkan mata, pikiran, dan otot kita, sel-sel di dalam tubuh kita juga memperbaharui dirinya saat kita tidur.

Kekurangan tidur secara terus menerus dapat berakibat fatal bagi kita karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan, peningkatan tekanan darah, dan memicu timbulnya penyakit seperti jantung dan stroke.

Sebuah studi dari Sleep Foundation menyatakan bahwa kita membutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap harinya, tergantung dari umur dan faktor genetik lainnya dari setiap orang. Karena itu, cobalah untuk tidur minimal 7 jam atau lebih setiap hari. Jika kamu harus bangun pagi, maka siasatilah dengan tidur lebih cepat setiap harinya.

4. Kurang makan protein

Masih banyak orang yang berpikiran bahwa protein hanya berguna dalam pembentukan otot ataupun pertumbuhan saat masih kecil. Padahal protein merupakan makronutrien yang paling penting dalam membangun, memperbaiki, dan mengatur fungsi beberapa jaringan penting di dalam tubuh kita, dan salah satunya adalah otot.

Kekurangan protein dapat membuat imunitas tubuhmu menurun, masa otot berkurang, kerontokan rambut, dan masih banyak lagi.

Jumlah protein yang sebetulnya paling baik untuk dikonsumsi setiap hari bergantung dari berat tubuhmu, yaitu 0.8g per kilogram dari beratmu. Jika kamu memiliki berat tubuh 70 kg, maka minimal setiap hari kamu harus mengonsumsi sebanyak 56 gram protein.

Kamu bisa menyiasatinya dengan membaginya ke dalam 3 kali makan, selain itu kamu juga bisa memilih sayuran-sayuran yang mengandung protein yang tinggi seperti brokoli, jamur, dan tempe.

5. Makan terlalu banyak

Segala yang terlalu banyak tentu tak baik, termasuk juga makan. Makan terlalu banyak, selain dapat menyebabkan obesitas, berbahaya bagi kesehatanmu karena dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Selain itu makan terlalu banyak juga menyebabkan turunnya fungsi otak dan membuatmu selalu mengantuk.

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah setiap kali kamu mengambil porsi makanmu, kurangilah sebanyak 20% – 30%, lakukanlah sampai kebiasaan makan terlalu banyakmu hilang dan kamu makan dalam porsi yang wajar.

6. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat juga merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan karena dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, makan terlalu cepat juga dapat membuat tubuh kita tidak dapat merespon insulin dengan baik dan meningkatkan risiko penyakti diabetes.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidak makan sambil ngobrol, karena dapat membuatmu makan secara otomatis dan kamu tidak menikmati makananmu dengan baik. Selain itu, para ahli juga menyarankan kamu untuk mengunyah makananmu sebanyak 32 kali, cobalah lakukan hal ini setiap kali kamu makan untuk memperlambat kecepatan makanmu.

7. Terlalu banyak main sosmed

Bermain sosial media terlalu banyak, selain menyita waktu yang dapat kamu gunakan untuk hal penting lainnya, dapat mengganggu kesehatan mentalmu. Sebuah studi dari HelpGuide, sebuah organisasi non-profit yang bertujuan meningktan kesehatan mental masyarakat menemukan bahwa terlalu banyak bermain sosial media berhubungan erat dengan meningkatnya risiko depresi, kegelisahan, kesepian, bahkan sampai bunuh diri.

Ingin lepas dari kebiasaan buruk ini? Baca: [Cara mengakhiri kebiasaan main sosmed]() terlalu banyak.

8. Terlalu banyak minum alkohol

Sudah bukan rahasia lagi kalau terlalu banyak alkohol sangat berbahaya bagi tubuhmu karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, rusaknya fungsi hati, masalah pencernaan, dan masih banyak lagi.

Minum alkohol sekali-kali sebetulnya tidak masalah, apalagi saat ada acara bersama teman-teman atau kolega kantormu. Tetapi untuk membatasinya, cobalah untuk memperlambat kecepatan minummu, nikmati setiap tegukannya, dan batasi minummu hanya sampai 1 gelas.

9. Terlalu sering masturbasi

Masturbasi dalam kadar yang wajar bahkan dianjurkan oleh beberapa dokter karena dapat mengurangi risiko kanker prostat. Tapi sayangnya, terlalu banyak masturbasi memilik dampak yang berbahaya bagi fisik dan juga mentalmu.

Dampak fisik yang disebabkan oleh terlalu banyak masturbasi adalah ejakulasi dini, luka pada kemaluan, dan iritasi. Sedangkan dampak psikologis yang disebabkan adalah kamu akan kehilangan motivasi, rentan terhadap depresi, dan sampai kecanduan.

Tonton video cara keluar dari adiksi masturbasi untuk dapat berhenti dari kebiasaan ini.

10. Terlalu lama pakai earphone

Terlalu lama menggunakan earphone, apalagi dengan volume yang tinggi, dapat merusak sistem pendengaranmu. Dalam jangka pendek, hal ini akan menurunkan kemampuan telingamu untuk mendengar, dalam jangka panjang, terlalu lama dan sering menggunakan earphone bahkan dapat menyebabkan tuli.

Para ahli menyarankan untuk memakai earphone paling maksimal selama 60 menit di kekerasan suara 60%. Namun jika kamu butuh memakai earphone lebih lama, pastikan volumenya lebih kecil, dan kamu memberi jeda dengan melepaskan earphonemu selama 5 menit setiap 30-60 menit sekali.

11. Terlalu banyak makan junk-food

Junk-food memiliki kandungan nutrisi yang tidak seimbang sehingga mengonsumsinya terlalu banyak dapat memberikan dampak kesehatan yang fatal bagi tubuhmu. Berdasarkan jurnal di Medical News Today, selain obesitas, terlalu banyak makan junk-food dapat menyebabkan gangguan memori, malnutrisi, bahkan gangguan jantung dan imunitas.

Cobalah untuk lebih banyak memasak makananmu sendiri, atau jika sulit, kamu bisa membeli jasa katering sehat yang akan memasakkan masakan sehat dan mengantarkannya untukmu setiap hari.

12. Merokok

Rokok merupakan industri yang sangat besar di Indonesia. Bahkan data mencatat bahwa Indonesia adalah negara dengan perokok nomor tiga paling tinggi di dunia dengan jumlah perokok mencapai angka 65.7 juta orang di tahun 2021.

Padahal di iklan rokok sendiri sudah sering disebutkan, bahwa merokok dapat menyebabkan masalah hati, jantung, diabetes, keguguran, dan bahkan kanker. Bahkan di tahun 2015, tercatat ada 230.000 kematian akibat rokok setiap tahunnya. Inilah mengapa kamu harus mulai menghentikan kebiasaan buruk ini.

Untuk dapat berhenti merokok, kamu bisa mengikuti cara berhenti merokok dari Halosehat, atau hubungi layanan konseling gratis bebas dari rokok yang disediakan pemerintah.

13. Menunda-nunda

Menunda-nunda atau prokrastinasi jika dilakukan berlebihan akan memiliki dampak buruk seperti: kehilangan kesempatan berharga, kehilangan waktu, dan tentunya akan menganggu pekerjaan dan juga hidupmu.

Ingin berhenti prokrastinasi? Baca: [cara mengakhiri kebiasaan buruk prokrastinasi]()

14. Negative thinking

Terus-menerus berpikir negatif sangat tidak baik bagi kesehatan mentalmu. Selain akan membuatmu terus cemas dan panik, terlalu sering berpikiran negatif dapat merenggutmu dari kesenangan dan kebaikan yang sebetulnya kamu dapat dalam hidup.

Jika kamu merasa kesulitan untuk berhenti berpikir negatif terus menerus, kamu bisa memulainya dengan membuat jurnal syukur setiap pagi dan menuliskan 3 sampai 5 hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Selain itu, kamu juga bisa mulai berlatih meditasi agar kamu dapat lebih sadar dan mengendalikan aliran pikiranmu.

15. Jarang mandi

Sebetulnya jika dirimu selalu berada di tempat bersih dan tidak terkena polusi sama sekali, hal ini tidak masalah. Tapi, tentunya itu bukan yang dialami oleh sebagian besar orang, apalagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta ataupun Surabaya.

Kita tidak pernah tahu kotoran dan bakteri macam apa yang menempel di tubuh kita, belum lagi keringat yang membuat tubuh kita lembab dan menjadi tempat yang baik bagi bakteri bertumbuh. Jarang mandi selain menyebabkan tubuh menjadi bau, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di ranjangmu dan membuatmu terkena berbagai macam penyakit.

Cobalah untuk membiasakan diri mandi minimal 2 kali sehari, atau minimal satu kali setiap sore sepulangnya kamu ke rumah.

16. Berbohong

Berbohong sekali saja sudah tidak baik, apalagi kalau kamu kebiasaan berbohong. Selain tentunya dapat merusak hubungan dan kepercayaan orang lain, sering berbohong akan membuatmu kehilangan kepercayaan diri dan melabel diri sendiri sebagai “pembohong.”

Untuk dapat berhenti berbohong, kamu bisa mengikuti 12 langkah untuk berhenti berbohong dari Healthline.

17. Minum kopi di sore hari

Kafein bertahan di dalam tubuh kita selama 8 sampai 12 jam sehingga meminum kopi di sore hari dapat membuat kita kesulitan untuk tidur. Selain itu, pun kamu bisa tidur, kualitas tidurmu akan terganggu karena kafein masih terus berputar di aliran darahmu.

Jadi, setiap kali kamu ingin membeli minuman di sore hari, cobalah ganti dengan teh herbal, jus buah, atau susu yang tidak memiliki kadar kafein sama sekali.

18. Menggigit kuku

Selain membuat kukumu terlihat jelek, di dalam kukumu terdapat banyak bakteri berbahaya bagi tubuhmu. Kamu tentu tidak akan selalu mengingat apa saja yang kamu pegang dan ketika kamu menggigit kuku, bakteri dan virus dapat masuk ke dalam mulut dan sistem pencernaanmu.

Untuk dapat berhenti dari kebiasaan ini, pertama kamu harus tahu dulu penyebab kamu sering mengigit kuku, lalu kamu dapat mengikuti cara untuk berhenti mengigit kuku dari American Academy of Dermatology.

19. Overthinking

Overthinking secara berlebihan, selain dapat membuang waktu, akan meningkatkan stress dan juga rasa panik yang kamu rasakan karena saat overthinking berlebihan, kamu akan mulai memikirkan hal yang semakin tidak masuk akal dan di luar kendalimu.

Cobalah untuk mulai berlatih meditasi, karena dengan meditasi kamu akan berlatih untuk mengamati pikiranmu dan menyadari kecenderungannya. Berlatih meditasi pada akhirnya akan membuatmu sadar diri setiap kali pikiranmu mulai mengawang dan kamu mulai overthinking.

20. Telat

Kalau kamu telat, berarti kamu tidak menghargai waktu orang yang menunggumu. Selain itu kamu juga tidak menghargai waktumu sendiri. Jika dilakukan terus menerus, maka hal ini dapat merusak kepercayaan orang terhadapmu.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa membiasakan diri untuk memasang alarm 15 sampai 30 menit lebih cepat dari jadwal yang seharusnya dan memastikan waktu yang kamu butuhkan untuk sampai di tujuan menggunakan Google Maps ataupun Waze.

Kesimpulan

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk, dan kamu harus menyadari itu. Tidak perlu merendahkan diri sendiri karena memiliki suatu kebiasaan buruk yang menurutmu memalukan. Yang terpenting adalah apa keputusanmu sekarang? Apakah kamu mau mulai berusaha merubah dan menghilangkannya? Atau membiarkannya terus merusak hidupmu?

Jika kamu ingin mempelajari cara keluar dari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, kamu bisa baca artikel tentang [cara menghentikan kebiasaan buruk](internal link).

Leave a Comment